Rabu, 20 Oktober 2010

kata bijak hari ini

Semangat Dalam Kerinduan
Pernahkah kalian merasakan rindu yang mencekam? Rindu di atas rindu. Menjadikan kepingan hati seolah menjadi titik temu dalam kejenuhan yang memuncak. Gelombang rasa yang mengalir deras. Debur ombak fikir yang menghantam sanubari. Butir-butir cinta dalam kerinduan yang semula mengalami dormansi. Kini hidup dalam satuan waktu yang seolah tak dapat terpisahkan.
Namun apakah kalian akan terus larut dalam kesedihan? Sebab rindu yang tiada terbendungkan. Merasa sepi dalam keramaian. Merasa sendiri dalam keheningan. Terbelenggu oleh rasa yang mendam.
Rasa rindu, rasa sedih itulah gelombang rasa pengharapan. Yang melambungkan angan saat sendiri datang.
Saat ku tanyakan pada arinda tentang arti kesedihan, arinda menjawab “kita harus memiliki rasa sedih agar dapat merasakan kebahagian, tetaplah tersenyum karna setiap masalah ada solusinya.
Ku tanyakan pada halim “mengapa kita harus bersedih, bukankah apa yang allah berikan itu yang terbaik? Halim menjawab “kesedihan adalah hal biasa namun bagaimana kita tidak boleh larut dalam kesedihan”
Ku tanyakan pada yanti “mengapa kita harus bersedih, bukankah apa yang allah berikan adalah yang terbaik? Yanti menjawab “bersedih boleh saja tetapi jangan berlebihan.
Setiap jawaban yang sahabatku berikan membuatku berfikir tentang arti semangat dalam kerinduan. Karena allah punya hadiah terbaik untuk kita, sebuah cahaya dalam kegelapan, rencana indah untuk hari esok, jalan keluar untuk semua permasalahn, kebahagiaan setelah kesedihan. Kedewasaan dalam setiap ujian yang datang. Karna allah punya cara yang berbeda dalam menyampaikan rasa cinta kepada hamba-nya.
Jika allah mencintai hambanya maka allah akan mengujinya. Jika ia bersabar maka allah akan memilihnya. Jika ia ridha maka allah akan mensucikannya. Jika kau rasakan beratnya kaki ini untuk melangkah dan letihnya bersabar itulah indikasi sebuah jawaban. Mengapa perjuangan itu pahit dan tidak mudah? Karena surge itu manis dan tinggi tempatnya. Jangan meminta kepada allah untuk meringankan beban mu, tapi mintalah pada allah untuk mengutkan punggung mu. Dalam kesakitan teruji kesabaran, dalam perjuangan teruji keikhlasan. Allah ingin melihat kita lebih kuat, lebih ikhlas dan lebih bersabar. Janji allah itu pasti.
Tetaplah semangat dalam kesabaran, sebab rindu adalah pengantar kehangatan. Aku teringat sebuah pecakapan hati yang sahabatku dalam goresan tintanya
Gelombang rasa mengalir deras
Ungkapkan makna untuk sesama
Rasa tercipta untuk merasa
Jiwa ada karna sepasang
Satu ada karena kosong
Ketiadaan ada karena ada
Sendiri pilihan insan
            Begitu derasnya gelombang rasa di hati manusia, rasa rindu, rasa cinta, rasa malu,rasa ingin tahu, rasa ingin dihargai dan rasa-rasa hidup yang lain. Sebab rasa yang allah swt berikan adalah untuk merasa. Merasakan rasa dari rasa-rasa yang ada. Jangn kau meminta allah untuk menghilangkan rasa. Mintalah mutiara hikamah dalam setiap rasa. Karena rasa begitu mahal harganya. Dan kau pun tiada mampu membelinya kecuali dengan rasa.
Jiwa ada karena sepasang, itupun dengan rasa, rasa cinta sesama antar insan. Jangan biarkan jiwa ini kosong sebab hilangnya rasa, carilah rasa. Jangan kau sedih hati apabila apa yang kau miliki, hanya sekejap bersama mu. Itu bukan milikmu.
Begitulah gelombang rasa dan itulah alasan mengapa aku lebih suka menyimpan rasa. Sedikit aku mengungkapkan rasa. Dan banyak mengolah rasa dalam setiap rasa agar menjadi mutiara hikmah gelombang rasa. Sediri pilihan insan. Tiada kata munafik pada hakikatnya manusia memang membutuhkan teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar